ARSITEKTUR E BUSINNES 2
Umumnya orang menganggap bahwa e-business adalah belanja online atau membeli barang melalui Web, Jika mereka ditanya apa definisi e-business...
Umumnya orang menganggap bahwa e-business adalah belanja online atau membeli barang melalui Web, Jika mereka ditanya apa definisi e-business, jawabannya sederhana e-business adalah berbisnis secara online. Belanja melalui web adalah sebagian kecil dari kegiatan e-business. dan E-business yang sering disitilahkan dengan perdagangan elektronik merupakan salah satu bentuk aktivitas yang menggunakan media internet sebagai sarana menjalankan bisnis secara online.
E-BUSINESS dalam pengertian The Business Internet bukan sekedar bertransaksi secara online, tetapi bagaimana perusahaan menggunakan kekuatan informasi digital untuk memahami kebutuhan dan preferensi setiap pelanggan atau mitra bisnisnya, untuk menyesuaikan produk ( barang dan jasa ) sesuai dengan keiinginan mereka dan menyampaikan secara cepat melalui saluran komunikasi internet. Sejak lahirnya internet pada tahun 1985 hingga medio ini, pertumbuhannya sangat menakjubkan dan hal ini merupakan sebuah perubahan yang sangat besar di era globalisasi yang dapat mengubah cara orang membeli dan menjual produk atau jasa. Internet merupakan sebuah fenomena yang penemuannya diakui dunia yang mampu membuat perubahan yang begitu drastis dalam pola kehidupan berkomunikasi dan berbisnis seseorang. Bill Gates ( raja microsoft ) mengatakan tiga tahun kedepan anda hanya mempunyai dua pilihan dalam berbisnis ” gunakan internet atau tidak usah berbisnis sama sekali
e-business adalah transaksi yang yang menggunakan media elektronik yang dipergunakan untuk berjualan atau proses pembelian suatu atau beberapa produk menggunakan teknolkogi ICT”
Secara umum e-business tidak hanya ditujukan atau melibatkan proses selling dan buying saja, akan tepati dapat juga meliputi online services, consumen relation maganement (CRM), supply chain management, kolaborasi business partners, electronic transactions dan electronic payment. Dan jika dilihat dari jenis aktivitasnya dapat berlangsung dengan melibatkan antar konsumen ataupun antar pelaku business.
Di dalam e – Bisnis terdapat interaksi eksternal organisasi yang meliputi :
Supplier
Customer
Investor
Creditor
The Government / Pemerintah
Media
e–business, dan e-commerce merupakan suatu konsep bisnis yang berbeda dari bisnis tradisional, dimana dalam hal ini media yang digunakan untuk berbisnis (searching catalog, advertising, dan transaksi) menggunakan teknologi ICT. Penggunaan teknologi ICT dalam e-commerce tersebut menimbulkan paradigma baru dalam dalam berbisnis (bisnis model), dimana di dalamnya melibatkan dukungan dari aplikasi untuk keperluan e-commerce, supporting service dan infrastruktur teknologi ICT, dalam hal ini Internet dan Web
Jenis E-Business :
B2C ( Business To Customer)Antara org. dgn perorangan Nilai transaksi kecil Transaksi tidak sering terjadi Relatif sederhana
B2B (Business To Business) Antar organisasi
B2G (Business To Government) Nilai transaksi besar
B2E (Business To Education) Hubungan yang kuat dan berkelanjutan Pemberian kredit dari penjual ke pelanggan Lebih Kompleks
Jenis E-comerce
Business to business (B2B)
Adalah model e-commerce dimana pelaku bisnisnya adalah perusahaan, sehingga proses transaksi dan interaksinya adalah antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Contoh model e-commerce ini adalah beberapa situs e-banking yang melayani transaksi antar perusahaan.
Business to Cunsumer (B2C)
Adalah model e-commerce dimana pelaku bisnisnya melibatkan langsung antara penjual (penyedia jasa e-commerce) dengan individual buyers atau pembeli. Contoh model e-comerce ini adalag Amazon.com.
Consumen to Business (C2B)
Adalah model e-commerce dimana pelaku bisnis perorangan atau individual melakukan transaksi atau interaksi dengan suatu atau beberapa perusahaan. Jenis e-commerce seperti ini sangat jarang dilakukan di Indonesia. Contoh portal e-commerce yang menerapkan model bisnis seperti ini adalah priceline.com.
Consumen to Consumen (C2C)
Adalah model e-commerce dimana perorangan atau individu sebagai penjual berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan individu lain sebagai pembeli. Konsep e-commerce jenis ini banyak digunakan dalam situs online auction atau lelang secara online. Contoh portal e-commerce yang menerapkan konsep C2C adalah e-bay.com .
Dari keempat model e-commerce di atas kemudian berkembang menjadi model-model lainnya, contohnya seperti B2B2C, dimana suatu perusahaan akan bersifat sebagai broker atau perantara dari perusahaan lain yang akan berinteraksi dan bertransaksi dengan konsumen atau pembeli. Contoh lainnya adalah M-commerce atau mobile commerce. Model e-commerce ini memanfaatkan teknologi wireless (mobile phone) sebagai media bisnis untuk bertransaksi dan berinteraksi. Beberapa perusahaan mobile content provider (misalnya penyedia nada sambung probadi) termasuk dalam katogeri bisnis jenis ini.
Konsep Berbelanja E Businnes dan E Commerce
Aktifitas Dalam E-commerce
e-commerce merupakan bagian dari e-business. Secara umum, seorang konsumen yang akan berbelanja online melalui Internet memerlukan teknologi atau infrastruktur Internet untuk mencari tahu tentang toko online atau webstore. Dan di sisi penjual atau penyedia jasa e-commerce dapat melakukan pengumpulan informasi, misalnya data mengenai konsumen (bias diihat misalnya di situs Amazon.com) dimana seorang konsumen biasanya diminta untuk menjadi member terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi lebih lanjut.
Proses Transaksi dan Pembayaran Menggunakan Credit Card
KELEMAHAN
Sebagian masyarakat belum siap menerima kemajuan teknologi dalam membawa perubahan cara berkomunikasi dan berbisnis.
Sebagian masyarakat taraf pendidikannya belum terdidik dalam menerima teknologi maju.
Sebagian masyarakat menganggap bahwa akses internet suatu yang sangat mahal, terlebih-lebih untuk akses global
KELEBIHAN
Mudah dan murah untuk memulainya
Dapat menekan biaya promosi
Biaya operasional dan biaya pegawai menjadi rendah.
Dapat dijalankan sendiri dari rumah dan secara otomatis.
Konsumen tidak dibatasi ruang dan gerak karena ada di seluruh dunia, sehingga mudah diraih.
Manfaat e-Business
Bagi Perusahaan atau pebisnis perorangan
1. Memperpendek jarak
2. Perluasan pasar
3. Perluasan jaringan mitra kerja
4. Biaya terkendali
5. Efisien
6. Cash flow terjamin
Bagi Konsumen
1. Efektif
2. Biaya terkendali
3. Aman secara fisik
4. Harga murah
5. Fleksibel
Manfaat e-Business
Memperpendek jarak
Perluasan pasar
Perluasan jaringan mitra kerja
Biaya terkendali
Efisien
Cash flow terjamin
Manfaat lainnya : meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan layanan konsumen, menyederhanakan proses, meningkatkan produktivitas, mempermudah akses informasi, mengurangi biaya transportasi dan meningkatkan fleksibilitas.
KEUNGGULAN E BUSINNES
Efisiensi (pengurangan tenaga kerja)
Without boundary
24 jam online
Interaktif
Hyerlink (saling berhubungan)
No cencorship
KENDALAN E BUSINNES DI INDONESIA
Belum adanya budaya high trust di masyarakat
Sarana belum memadai
Skill SDM masih rendah
Layanan pendukung masih minim (transportasi, teknologi perbankan, dll)
Banyaknya kasus kejahatan di internet
Harga di internet tidak bisa ditawar
Barang tidak dapat dipegang
bagi yg mau download modul matakuliah ARSITEKTUR E BUSINNES silakan klik disini
E-BUSINESS dalam pengertian The Business Internet bukan sekedar bertransaksi secara online, tetapi bagaimana perusahaan menggunakan kekuatan informasi digital untuk memahami kebutuhan dan preferensi setiap pelanggan atau mitra bisnisnya, untuk menyesuaikan produk ( barang dan jasa ) sesuai dengan keiinginan mereka dan menyampaikan secara cepat melalui saluran komunikasi internet. Sejak lahirnya internet pada tahun 1985 hingga medio ini, pertumbuhannya sangat menakjubkan dan hal ini merupakan sebuah perubahan yang sangat besar di era globalisasi yang dapat mengubah cara orang membeli dan menjual produk atau jasa. Internet merupakan sebuah fenomena yang penemuannya diakui dunia yang mampu membuat perubahan yang begitu drastis dalam pola kehidupan berkomunikasi dan berbisnis seseorang. Bill Gates ( raja microsoft ) mengatakan tiga tahun kedepan anda hanya mempunyai dua pilihan dalam berbisnis ” gunakan internet atau tidak usah berbisnis sama sekali
Definisi e-commerce secara umum dapat diartikan:Proses membeli, menjual, baik dalam bentuk barang, jasa ataupun informasi, yang dilakukan melalui media Internet” ( disarikan dari berbagai sumber).
e-business adalah transaksi yang yang menggunakan media elektronik yang dipergunakan untuk berjualan atau proses pembelian suatu atau beberapa produk menggunakan teknolkogi ICT”
Secara umum e-business tidak hanya ditujukan atau melibatkan proses selling dan buying saja, akan tepati dapat juga meliputi online services, consumen relation maganement (CRM), supply chain management, kolaborasi business partners, electronic transactions dan electronic payment. Dan jika dilihat dari jenis aktivitasnya dapat berlangsung dengan melibatkan antar konsumen ataupun antar pelaku business.
Di dalam e – Bisnis terdapat interaksi eksternal organisasi yang meliputi :
e–business, dan e-commerce merupakan suatu konsep bisnis yang berbeda dari bisnis tradisional, dimana dalam hal ini media yang digunakan untuk berbisnis (searching catalog, advertising, dan transaksi) menggunakan teknologi ICT. Penggunaan teknologi ICT dalam e-commerce tersebut menimbulkan paradigma baru dalam dalam berbisnis (bisnis model), dimana di dalamnya melibatkan dukungan dari aplikasi untuk keperluan e-commerce, supporting service dan infrastruktur teknologi ICT, dalam hal ini Internet dan Web
Jenis E-Business :
Jenis E-comerce
Business to business (B2B)
Adalah model e-commerce dimana pelaku bisnisnya adalah perusahaan, sehingga proses transaksi dan interaksinya adalah antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Contoh model e-commerce ini adalah beberapa situs e-banking yang melayani transaksi antar perusahaan.
Business to Cunsumer (B2C)
Adalah model e-commerce dimana pelaku bisnisnya melibatkan langsung antara penjual (penyedia jasa e-commerce) dengan individual buyers atau pembeli. Contoh model e-comerce ini adalag Amazon.com.
Consumen to Business (C2B)
Adalah model e-commerce dimana pelaku bisnis perorangan atau individual melakukan transaksi atau interaksi dengan suatu atau beberapa perusahaan. Jenis e-commerce seperti ini sangat jarang dilakukan di Indonesia. Contoh portal e-commerce yang menerapkan model bisnis seperti ini adalah priceline.com.
Consumen to Consumen (C2C)
Adalah model e-commerce dimana perorangan atau individu sebagai penjual berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan individu lain sebagai pembeli. Konsep e-commerce jenis ini banyak digunakan dalam situs online auction atau lelang secara online. Contoh portal e-commerce yang menerapkan konsep C2C adalah e-bay.com .
Dari keempat model e-commerce di atas kemudian berkembang menjadi model-model lainnya, contohnya seperti B2B2C, dimana suatu perusahaan akan bersifat sebagai broker atau perantara dari perusahaan lain yang akan berinteraksi dan bertransaksi dengan konsumen atau pembeli. Contoh lainnya adalah M-commerce atau mobile commerce. Model e-commerce ini memanfaatkan teknologi wireless (mobile phone) sebagai media bisnis untuk bertransaksi dan berinteraksi. Beberapa perusahaan mobile content provider (misalnya penyedia nada sambung probadi) termasuk dalam katogeri bisnis jenis ini.
Konsep Berbelanja E Businnes dan E Commerce
Aktifitas Dalam E-commerce
e-commerce merupakan bagian dari e-business. Secara umum, seorang konsumen yang akan berbelanja online melalui Internet memerlukan teknologi atau infrastruktur Internet untuk mencari tahu tentang toko online atau webstore. Dan di sisi penjual atau penyedia jasa e-commerce dapat melakukan pengumpulan informasi, misalnya data mengenai konsumen (bias diihat misalnya di situs Amazon.com) dimana seorang konsumen biasanya diminta untuk menjadi member terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi lebih lanjut.
Proses Transaksi dan Pembayaran Menggunakan Credit Card
KELEMAHAN
Sebagian masyarakat belum siap menerima kemajuan teknologi dalam membawa perubahan cara berkomunikasi dan berbisnis.
Sebagian masyarakat taraf pendidikannya belum terdidik dalam menerima teknologi maju.
Sebagian masyarakat menganggap bahwa akses internet suatu yang sangat mahal, terlebih-lebih untuk akses global
KELEBIHAN
Mudah dan murah untuk memulainya
Dapat menekan biaya promosi
Biaya operasional dan biaya pegawai menjadi rendah.
Dapat dijalankan sendiri dari rumah dan secara otomatis.
Konsumen tidak dibatasi ruang dan gerak karena ada di seluruh dunia, sehingga mudah diraih.
Manfaat e-Business
Bagi Perusahaan atau pebisnis perorangan
1. Memperpendek jarak
2. Perluasan pasar
3. Perluasan jaringan mitra kerja
4. Biaya terkendali
5. Efisien
6. Cash flow terjamin
Bagi Konsumen
1. Efektif
2. Biaya terkendali
3. Aman secara fisik
4. Harga murah
5. Fleksibel
Manfaat e-Business
Manfaat lainnya : meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan layanan konsumen, menyederhanakan proses, meningkatkan produktivitas, mempermudah akses informasi, mengurangi biaya transportasi dan meningkatkan fleksibilitas.
KEUNGGULAN E BUSINNES
KENDALAN E BUSINNES DI INDONESIA
bagi yg mau download modul matakuliah ARSITEKTUR E BUSINNES silakan klik disini
Post a Comment: